Saturday, August 11, 2007

Why?

Seorang teman saya bertanya kepada saya, kenapa isi blognya berat banget? Yah gimana ya, mungkin ini satu - satunya cara buat saya untuk menunjukkan kepedulian saya pada Bali yang sangat saya cintai dan berharap orang - orang bisa melihat secara nyata apa yang terjadi di Bali dibalik topeng - topeng keindahan yang ditunjukkan di brosur - brosur.
Bahwa sebenarnya saat ini Bali sedang mengalami pergeseran - pergeseran yang mungkin akan mengubah wajah Bali dalam 10 tahun ke depan. Saya sebenarnya berharap perubahan yang akan terjadi membawa Bali ke arah yang lebih baik, tapi sepertinya perubahan yang terjadi akan membawa Bali menuju ke jurang kehancuran. Orang - orang Bali sudah terlalu terbuai dalam sanjungan - sanjungan serta pujian - pujian atas keindahan Bali. Orang - orang Bali sudah mulai lupa pada jati dirinya. Tanah pelaba pura dijual, pesisir pantai dijual, tanah warisan keluarga dijual, semuanya dijual tanpa menyadari dampak yang akan terjadi dibelakangnya.
Semoga kita bisa sadar dan mengubah perilaku kita.

3 comments:

Samuel Louvan said...

Ini jg masih berat Win :P No hard feeling hehehe...

ted said...

aku senang kalo ada seseorang yang suka sama daerah asalnya dan peduli terhadap masalah-masalah di sana.

topik ini pasti banyak yang suka. yang aku ingin saranin mungkin tulisannya dikemas supaya bisa menarik. kasih foto ato ilustrasi win :D sorry aku orang yang visual. tapi bener kok. liat aja di koran.. topik berat bisa jadi sangat menarik dengan adanya ilustrasi. :) ambil aja di internet yang kira-kira relevan...

oh ya.. sekali-kali cerita berita bahagia dan yang membuat bangga dong win :). jangan masalah terus :D

Nyoman Winardi said...

@Sam

Wekekekekeke ... tenang Sam :)
Udah aku kasi yang ga berat Sam :)

@Suna

Semoga saja perubahannya menuju ke hal yang lebih baik :)